Sabtu, 10 Oktober 2009

Jumat, 25/09/2009 11:39 WIB Laporan dari Amerika Serikat Obama Sedikit Lebih Tinggi Dibanding SBY Budiono Darsono - detikNews Foto Terkait gb SBY Had

Jumat, 25/09/2009 11:39 WIB
Budiono Darsono - detikNews

Pittsburgh - Dua tokoh ini akhirnya bertemu, berjabat tangan, dan bahkan berfoto bersama. KTT G-20 di Pittsburgh, Pensylvinia, AS, yang kembali mempertemukan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Presiden AS Barack Obama agak leluasa. Obama terlihat sedikit lebih tinggi dibanding SBY.
Bulan November 2008 lalu, dalam konferensi KTT G-20 juga, SBY batal bertemu presiden AS yang pernah hidup di Menteng Dalam, Jakarta Selatan itu. Padahal, rencana mempertemukan keduanya di Washington, DC sudah dilakukan kedua belah pihak. Namun, saat itu Obama yang baru terpilih sebagai presiden AS dan belum dilantik, tidak bisa bertemu SBY. Keduanya sama-sama sibuk, tak ada waktu yang cocok. SBY pun akhirnya menitipkan foto Obama kecil kepada Dubes RI untuk AS. Foto itu merupakan titipan dari teman-teman Obama sewaktu sekolah SDN 01 Menteng.
Akhirnya, SBY baru bisa melakukan komunikasi dengan Obama lewat telepon saat transit di Bandara Seattle AS saat perjalanan kembali ke Indonesia setelah melawat negara-negara Amerika Selatan, Senin (26/11/2008). Dalam percakapan singkat itu, SBY mengundang Obama datang ke Indonesia. Obama menyatakan bersedia, karena kangen dengan rambutan, bakso, dan nasi goreng.
Pertemuan pertama kali SBY dengan Obama baru terjadi di sela-sela KTT G-20 di London, Kamis, 1 dan 2 April 2009 lalu. SBY sempat bertemu Obama saat makam malam di Istana Buckingham dan saat working breakfast di Gedung Excel, London, tempat berlangsungnya KTT G-20.
Dalam dua pertemuan itu, SBY dan Obama sempat bertegur sama dan melakukan komunikasi intensif. Sayangnya, tidak ada kesempatan bagi keduanya untuk bertemu secara khusus. Apalagi foto berdua. Satu-satunya foto SBY berada di samping Obama yang muncul di media massa adalah hasil jepretan Juru Bicara Presiden SBY, Dino Patti Djalal. Tak ada fotografer dari Indonesia yang bisa mengabadikan pertemuan SBY-Obama.
Namun, dalam pertemuan di KTT G-20 Pittsburgh, SBY dan Obama memiliki kesempatan bertemu dan berkomunikasi lebih banyak. Maklum, kali ini Obama yang menjadi tuan rumah. Dia harus menyapa dan melayani para pemimpin negara G-20, termasuk Presiden SBY.
Saat acara makan malam di Phipps Conservatory, Kamis (24/9/2009) malam waktu setempat, SBY dan Obama bahkan bertemu cukup lama. Begitu juga Ibu Negara Ani Yudhoyono yang disambut dengan ramah oleh Ibu Negara AS, Michelle Obama.
Bahkan, SBY dan Ibu Ani sempat berfoto bersama Obama dan Michelle. SBY berjas hitam mengenakan dasi merah dan Obama berjas hitam berdasi biru. Sementara Ibu Ani mengenakan kebaya warna merah dan Michelle mengenakan gaun dan berkalung putih.
Baru kali ini, pertemuan SBY dan Obama lebih gampang didokumentasikan lewat foto. Jepret-jepret! Saat bersanding, oh... SBY yang termasuk berpostur tinggi di Indonesia, terlihat kalah tinggi dibanding Obama. (asy/nrl)

Tidak ada komentar: