Kamis, 28 Mei 2009

Peraih Academy AWard Puji Laskar Pelangi : Neskutecny!

Rabu, 20/05/2009 17:13 WIB
Eddi Santosa - detikNews
Riri, Salim, Jiri dan peminat (es/detikcom) Praha - Neskutecny, luarbiasa! Mengawali Festival Film Indonesia (FFI) di Praha, Ceko, film Laskar Pelangi langsung banjir apresiasi hangat dari para pemerhati film di Ceko. Tokoh senior perfilman Ceko, Jiří Menzel, merasa hormat dan bangga atas film ini. Jiri Menzel, seorang sutradara masyhur Ceko peraih Academy Award (1967) kategori The Best Foreign Language Film untuk film karyanya, Closely Watched Trains, bahkan memberi dukungan penuh dan bersedia menjadi patron untuk festival film bertajuk Retrospeksi Film Riri Reza ini. Menzel yang memberi sambutan singkat, dengan artikulasi bahasa agak menurun karena usia dan kesehatan, memuji film karya Riri Reza yang mengambil latarbelakang Belitong itu sarat dengan nilai, pertentangan idealisme dan sarkasme hidup di Indonesia, dengan dukungan audio visual begitu kuat dalam seluloid berformat 35mm.
Pembukaan FFI di City Library Hall Praha (19/5/2009) dipadati kalangan diplomat asing di Praha, para pemerhati film, media setempat, mahasiswa akademi perfilman dan beberapa eks Mahasiswa Ikatan Dinas Luar Negeri (Mahid) era Presiden Soekarno.
"Mereka antusias. Seluruh kursi City Library Hall berkapasitas 300 orang ini terisi penuh oleh para peminat film di Ceko, terutama para sineas dan mahasiswa perfilman" ujar Korfungsi Pensosbud Azis Nurwahyudi sambil menyeka keringat.
Film, Intim
Dubes RI Prof. Dr. Salim Said, dalam pengantarnya menjelaskan bahwa FFI ini adalah kali ketiga digelar oleh KBRI Praha, dan menjadi bagian dari rangkaian kegiatan promosi dan diplomasi kebudayaan Indonesia di Ceko, untuk memupuk saling pengertian, kerjasama dan keintiman antara kedua bangsa. "FFI kali ini mengambil tema khusus karya-karya Riri Riza yang sudah mendapat pengakuan internasional, karena mampu bersaing dengan karya para sineas asing," papar Salim, Dubes RI yang namanya lekat sebagai kritikus film, kebudayaan dan juga pengamat militer. Lebih lanjut Salim menjelaskan posisi sineas hebat Ceko, Jiří Menzel, yang menjadi jaminan dan referensi atas keunggulan film-film besutan sineas muda Riri Reza.
FFI di Praha ini terselenggara dengan menggandeng Direktorat Film Debudpar, Miles Production, Sabila Center for Competitiveness, Kompas Gramedia, Nu Green Tea, Imeco, Binus University dan Jamsostek. Jadwal selengkapnya: (19/5, Pembukaan) Laskar Pelangi/Duhove Oddily; (20/5) Gie; Eliana, Eliana; (21/5) Petualangan Sherina/Sherinino Dobrodruzstvi; Untuk Rena/Draha Rena; 3 Hari Untuk Selamanya/3 Dny Navzdy. (es/es)

Tidak ada komentar: