Selasa, 26 Mei 2009

Wahidin Halim Belum Bersikap Soal Jurkam Pilpres

By redaksi
Selasa, 26-Mei-2009, 08:05:51 30 clicks
Walikota Tangerang Wahidin Halim mengaku dirinya belum mendapatkan tawaran dari partai politik untuk jadi juru kampanye dalam pemilu presiden mendatang. Wahidin mengatakan, dirinya bukan merupakan kader partai. Meski demikian dalam Pilkada Kota Tangerang lalu, penggagas Perda anti pelacuran dan Miras di Kota Tangerang ini, diusung oleh puluhan Partai Politik. “Belum ada yang nawarin. Saya ini bukan orang Parpol. Lagipula, calonnya (pasangan capres/cawapres-red) juga belum ada yang ditetapkan,” kata Wahidin. Pria yang akrab dipanggil WH ini juga tidak mau berkomentar banyak soal siapa pasangan yang dinilainya akan tampil sebagai pemenang dalam pemilu presiden mendatang. Ditanya soal kemungkinan menjadi jurkam JK-Wiranto, Wahidin malah tersenyum. “Wah, kemarin lo desek gue jadi jurkam SBY. Sekarang jadi Jurkam JK. Bisa aja lo. Belum tau dah siapa yang bakal menang nih,” sahut WH sekenanya. Meski mengaku belum ada tawaran, namun bila partai politik yang tertarik untuk menjadikan Wahidin sebagai jurkam tampaknya harus menyiapkan anggaran yang cukup besar. “Kalau jadi jurkam, tergantung ongkosnya berapa dulu,” kelakar WH di hadapan wartawan.

POSISI JAWARA
Di tempat berbeda, pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Dr Lili Romli mengungkapkan mengenai sikap jawara dalam pemilu presiden mendatang. Menurutnya, jawara di Banten tidak akan berdiri dalam satu barisan mendukung salah satu pasangan capres/cawapres. “Jawara akan terpecah-pecah di antara tiga pasangan calon yang ada. Dalam hal ini mereka cenderung pragmatis,” ujar Lili saat dihubungi via telepon genggam, Senin (25/5).
Kata Lili, posisi jawara tetap menjadi penting dalam pilpres sebagaimana pilkada. Kata Lili, jawara sebagai salah satu elemen masyarakat di Banten masih dianggap memiliki pengaruh sehingga kerap dijadikan sebagai basis dukungan pasangan capres/cawapres. “Lantaran itulah jawara akan terpecah-pecah dan menyebar di antara pasangan calon yang ada,” ujarnya. (cr-5/alt)

Tidak ada komentar: