Senin, 18 Mei 2009

Saatnya Caleg Terpilih Buktikan Janji

By redaksi
Sabtu, 16-Mei-2009, 05:56:40
SERANG - Masing-masing Komisi Pemilihan Umum atau KPU kabupaten/kota telah melaksanakan rapat pleno penetapan kursi dan calon anggota legislatif (caleg) terpilih.
Salah satunya adalah KPU Kota Serang yang melaksanakan pleno, kemarin (15/5).
Ketua Pokja Sosialisasi KPU Kota Serang Yuliana Mardhotillah mengatakan, dengan selesainya pleno penetapan kursi dan caleg terpilih masing-masing parpol maka tugas KPU rampung. Kata dia, setelah penetapan caleg terpilih ini, berarti tinggal menunggu waktu pelantikan anggota dewan. “Alhamdulillah, akhirnya berjalan sukses,” kata Yuliana kepada Radar Banten, Jumat (15/5).
Yuliana menegaskan bahwa caleg yang tidak terpilih karena perolehan suaranya kalah banyak dengan caleg lainnya tidak perlu berkecil hati. Menurutnya, caleg tidak terpilih juga dapat melaksanakan peran masing-masing untuk membangun demokrasi meski berada di luar parlemen. “Membangun demokrasi yang baik tidak dapat diserahkan kepada wakil rakyat yang duduk di parlemen saja. Sebab hal itu juga dapat dibangun di luar parlemen,” ujarnya lagi.
Yuliana juga menegaskan bahwa dalam kehidupan berdemokrasi kalah dan menang adalah hal yang wajar dan biasa. “Bagi mereka yang terpilih, saatnya untuk membuktikan dan merealisasikan janji-janji yang sudah telanjur diucapkan saat kampanye lalu. Sementara bagi yang belum terpilih, agar tetap bersemangat membangun demokrasi lebih baik di jalur masing-masing,” sambungnya.
Setelah penetapan kursi dan caleg terpilih ini, kerja KPU kabupaten/kota tidak lantas usai. Saat ini, KPU kabupaten/kota tengah sibuk menyiapkan penyelenggaraan Pemilu Presiden. “Dan kesibukan saat ini adalah pendataan pemilih. Kami berharap bahwa tidak ada lagi masyarakat yang tidak terdaftar sebagai pemilih,” imbuhnya. (alt)

Tidak ada komentar: