Senin, 17 Agustus 2009

Selasa, 18/08/2009 11:51 WIB
Mulai Tinggalkan Jenggot & Gamis, Teroris Kini Tampil Seperti Bunglon
Rachmadin Ismail - detikNews
Ibrohim/dok detikcom Video Terkait
SJ Buronan Baru Polisi
Foto Terkait
SJ Perekrut 'Pengantin' Jakarta - Penampilan para teroris kini sudah mengalami perubahan. Gaya berjenggot dan bergamis sudah mulai ditinggalkan oleh Noordin M Top dan anak buahnya.
Pemerhati terorisme Mardigu WP menyatakan, jenggot dan gamis mulai ditinggalkan karena penampilan seperti itu sekarang acapkali distereotipkan sebagai teroris sehingga mudah dicurigai. Mereka sekarang lebih memilih berpakaian biasa saja, lebih sering menggunakan topi atau wig," kata Mardigu saat berbincang lewat telepon, Selasa (18/8/2009). Penampilan para teroris kini lebih dipengaruhi oleh tugas dan fungsi mereka dalam menjalankan misinya. Ibaratnya para teroris harus bisa tampil seperti bunglon, berubah sesuai lingkungan yang akan dimasukinya.
"Misalnya jika bertugas sebagai koordinator lapangan seperti Ibrohim, ia harus bisa tampil selayaknya bunglon. Harus bisa berbaur dengan siapa pun, sama seperti pembuat bom dan para pengantin," ujar pria yang sering membantu polisi dalam pemeriksaan tersangka teroris.
Sedangkan perekrut bomber seperti SJ, harus berpenampilan sopan. Sebab, ia harus bisa mengambil hati masyarakat dan para calon 'pengantin'. "Supaya orang simpati dan mau direkrut," tutupnya. (mad/iy)

Tidak ada komentar: