Jumat, 07 Agustus 2009

Menlu: Ada Hubungan di Tingkat Atas Pelaku Bom RI & Australia

Jumat, 07/08/2009 09:36 WIB
Menlu: Ada Hubungan di Tingkat Atas Pelaku Bom RI & Australia
Amanda Ferdina - detikNews
Canberra - Menteri Luar Negeri Hassan Wirajuda menduga adanya hubungan antara organisasi teroris yang melakukan peledakan bom di Jakarta dengan kelompok yang berencana menyerang basis militer Australia. Kedua organisasi tersebut diduga memiliki akses yang berhubungan di atasnya.
Peledakan bom di hotel JW Marriott dan Ritz-Calton dipercaya didalangi oleh Jamaah Islamiyah sementara plot penyerangan di Sydney dilakukan oleh kelompok radikal Islam Somalia, Al-Shabab. Kelompok Al-Shabab dikatakan memiliki jaringan dengan Al-Qaeda dan perompak Somalia. "Saya percaya mereka (antara pengeboman di Jakarta dan Australia) tidak mempunya hubungan yang langsung, tapi mungkin mereka terhubung dari atasnya," ujar Hassan seperti dilansir The Sydney Morning Herald, Jumat (7/8/2009). Hal tersebut dinyatakan Hassan ketika menghadiri dialog forum Post-Pacific Islands di Cairns, Australia.
Sementara itu, Menteri Luar Negeri Australia Stephen Smith mengaku tidak terkejut dengan dugaan adanya hubungan di tingkat atas pada dua kejadian tersebut. "Seperti halnya pemerintah, kelompok teroris juga melakukan hubungan dengan sesamanya di tingkat internasional," ujar Smith.
Sebelumnya, diberitakan Polisi Australia menahan sejumlah orang yang berasal dari jaringan Somalia. Komplotan ini diduga akan melakukan serangan bom bunuh diri ke sebuah pangkalan militer di Australia. Akan tetapi juru bicara Al-Shahab menolak pihaknya sebagai perencana plot serangan bom bunuh diri tersebut. (amd/iy)

Tidak ada komentar: