Sabtu, 18 Juli 2009

Minggu, 19/07/2009 10:01 WIB
Sidney Jones: JI Pecah, Noordin M Top Pimpin Kelompok Sempalan
Shohib Masykur - detikNews

Jakarta - Jaringan teroris internasional Jamaah Islamiyah (JI) mengalami perpecahan internal. Noordin M Top yang diduga menjadi dalang di balik ledakan bom di JW Marriott dan Ritz Carlton memimpin kelompok sempalan yang tidak tunduk pada JI induk.

"Penting untuk dibedakan antara Noordin dan JI. Dia memang anggota JI, tapi selama 5 tahun belakangan ini sudah menjadi ketua kelompok sempalan, di mana ada beberapa anggota JI tapi mereka tidak tunduk kepada JI sebagai organisasi," kata Direktur International Crisis Group (ICG) Sidney Jones kepada detikcom, Minggu (19/7/2009).

Selain kelompok Noordin, sebagian kelompok sempalan lain bergabung dengan Jamaah Ansharut Tauhid (JAT) pimpinan Pengasuh Ponpes Ngruki Abu Bakar Ba'asyir yang merpakan sempalan Majelis Mujahidin Indonesia (MMI). Namun ada pula sebagian yang lain yang tidak setuju dengan JAT, ada yang disingkirkan karena diduga kurang bersih, dan ada yang sudah tidak aktif lagi.

Sidney memperkirakan, pelaku pengeboman kali ini terkait dengan jaringan Noordin M Top. Tokoh utama paling diburu itu masih sangat berbahaya karena terus merekrut orang-orang untuk menjadi pelaku aksi pengeboman.

"Kita mencatat bahwa Noordin masih berbahaya karena kelihatannya masih aktif merekrut orang untuk operasi pemboman melalui temannya di Cilacap," kata Sidney.

(sho/iy)

Tidak ada komentar: