Sabtu, 18 Juli 2009

Sabtu, 18/07/2009 15:16 WIB
Pemeriksaan dan Pengamanan Bandara Polonia Diperketat
Khairul Ikhwan - detikNews
Medan - Sehari pasca serangan bom di Hotel JW Marriott dan Ritz Carlton di Jakarta, petugas Bandara Internasional Polonia, Medan, melakukan pengamanan ekstra ketat di pintu masuk bandara. Akibatnya, kemacetan akibat antrian kendaraan terjadi di pintu masuk bandara.

Pantauan detikcom, Sabtu (18/7/2009), selain memeriksa barang-barang dalam bagasi mobil yang hendak memasuki kawasan bandara, petugas juga memeriksa identitas calon penumpang yang dicurigai. Pemeriksaan ini guna mengantisipasi tersangka teroris melarikan diri keluar negeri lewat Bandara Polonia.

Airport Duty Manager Bandara Polonia Medan, Jhony Siagian mengatakan, operasi pengamanan dan pemeriksaan tersebut melibatkan polisi dan personil TNI Angkatan Udara Pangkalan Udara (Lanud) Medan.

"Pemeriksaan dilakukan demi keamanan bersama. Apalagi Bandara Polonia merupakan objek vital dan menjadi pintu keluar masuk penumpang," kata Siagian.

Dalam pemeriksaan, petugas juga menggunakan detektor logam dan kaca pemantau (mirror detector) khusus untuk bagian bawah kenderaan roda empat. Akibatnya, kendaraan terpaksa antri di pintu masuk bandara.

Sejumlah calon penumpang menyatakan dapat memahami ketatnya pemeriksaan. Salah seorang calon penumpang, B. Tambunan mengaku tidak direpotkan dengan adanya pemeriksaan, meski terpaksa antri hingga 15 menit lamanya menuju pintu masuk bandara.

"Ya apa boleh buat. Ini demi keamanan kita juga. Saya tidak begitu direpotkan. Hanya saja menunggu agak lama dalam mobil," kata Tambunan

(rul/gah)

Tidak ada komentar: