Sabtu, 18 Juli 2009

Minggu, 19/07/2009 11:59 WIB
Diduga Berada di Mindanao
Noordin M Top Bertahan Mengandalkan Jaringan Keluarga
E Mei Amelia R - detikNews

Jakarta - Noordin M Top bak hantu saja. Berbagai penyergapan yang dilakukan Satgas Antiteror Mabes Polri dan Densus 88 tidak pernah sukses menangkap pria Malaysia ini. Noordin selalu lolos, jaringan keluarga menopangnya hingga dia terus bertahan.

"Dia masih punya kolega di beberapa tempat," kata seorang perwira di Mabes Polri yang enggan disebutkan namanya saat ditemui di Jakarta, Minggu (19/7/2009).

Bukan kolega sembarang kolega yang dia pakai. Untuk membentuk ikatan kuat dan perlindungan yang terhindar dari pengkhianatan dia membentuk keluarga, biasanya dia menikahi seorang perempuan, putri atau adik dari kawannya.

"Dia memakai pola ikatan tradisional," terang perwira itu.

Penyergapan yang dilakukan petugas, memang membuat gerak Noordin tidak bisa bebas lagi, sehingga bila dia berkomunikasi, Noordin mengandalkan pola konvensional.

"Tanpa teknologi, dia memakai kurir," imbuh sumber itu.

Namun informasi lain menyebutkan bila Noordin kini telah mengatur jaringannya dari Mindanao, Filipina. Setelah lolos dari berbagai pengepungan melalui jalur tradisional dia menyeberang ke Mindanao.

Sebelumnya pihak Mabes Polri mengaku masih terus memburu jaringan teroris pelaku pengeboman di Hotel JW Marriott dan Ritz Carlton. Namun kepolisian enggan buka kartu mengenai perkembangan penyelidikan.

"Siapapun yang melakukan teror akan kita buru," kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Nanan Soekarna saat dihubungi detikcom.
(ndr/iy)

Tidak ada komentar: