Jumat, 16 Oktober 2009

International


'Obama, Anda Berbohong!'

Kamis, 10 September 2009 - 15:06 wib
text TEXT SIZE :
Share
Nurfajri Budi Nugroho - Okezone
Joe Wilson saat menyebut Obama pembohong (Foto: CNN)

WASHINGTON - Ketika baru setengah jalan menyampaikan pidato di hadapan Kongres Amerika Serikat, Presiden Barack Obama mendapat makian yang tak menyenangkan. Dia disebut pembohong.

Lontaran itu keluar dari mulut politisi Partai Republik Joe Wilson, Rabu malam waktu Washington, ketika Obama membantah tuduhan bahwa program asuransi kesehatan akan diperluas bagi imigran ilegal.

"Anda berbohong," teriak politisi dari South Carolina itu kepada Obama dengan nada marah. Obama pun menjadi presiden pertama yang disebut pembohong di depan sesi bersama Kongres.

Umpatan Wilson itu mendapatkan reaksi keras, baik dari kubu Partai Demokrat maupun Republik.

"Saya tidak pernah melihat hal seperti itu sebelumnya," kata politisi Partai Republik Earl Pomeroy, dikutip dari Chicago Tribune, Kamis (10/9/2009).

"Kita tidak mengundang presiden Amerika Serikat ke DPR dan melemparkan penghinaan," kata Senator John McCain, politisi Republik dari Arizona yang juga mantan rival Obama. McCain bahkan menyebut tindakan itu sebagai bentuk ketidaksopanan dan meminta Wilson meminta maaf.

Untungnya Wilson mau meminta maaf.

"Saya membiarkan emosi saya mencapai puncak. Komentar saya tidak pantas dan disesalkan. Saya menyampaikan permohonan maaf yang tulus kepada presiden atas ketidaksopanan ini."

Dia juga mengaku menghubungi Gedung Putih setelah pidato Obama secara personal, untuk meminta maaf. Rahm Emmanuel, Kepala Staf Gedung Putih, adalah yang mengangkat telepon Wilson.(jri)

Tidak ada komentar: