Sabtu, 17 Oktober 2009

Polhukam


Inilah Prediksi Calon Menteri Versi Indo Barometer

Sabtu, 17 Oktober 2009 - 20:00 wib
text TEXT SIZE :
Share
Rizka Diputra - Okezone
Susunan Kabinet Indonesia Bersatu periode 2004-2009 (Foto: presidensby.info)

JAKARTA - Lembaga penelitian Indo Barometer mengeluarkan rilis prediksi susunan Kabinet Indonesia Bersatu jilid II di bawah pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono untuk lima tahun ke depan.

Direktur Eksekutif Indo Barometer, M. Qodari mengatakan, nama kandidat menteri yang dirilis didasari riset dan diskusi dengan sejumlah pakar serta pengamat yang kompeten di bidangnya.

Berikut calon kuat menteri kabinet SBY-Boediono

Menko Perekonomian: Hatta Radjasa
Menkokesra: Agung Laksono
Menkopolkam: Djoko Suyanto
Mensesneg: Sudi Silalahi
Mendagri: Gamawan Fauzi
Menlu: Makarim Wibisono
Menkeu: Sri Mulyani
Menperind: MS. Hidayat
Menteri Perdagangan: Marie Elka Pangestu
Menteri PU: Djoko Kirmanto
Mendiknas: M. Nuh
Mensos: Habib Salim Segaf Al Jufri
Menbudpar: Jero Wacik
Menristek: Suharna Surapranata
Menkop UKM: Syarief Hasan
Menteri KLH: Djoko Santoso
Men PAN: Kuntoro Mangkusubroto
Menkominfo: Tifatul Sembiring
Menpora: Andi Mallarangeng.

Menurut Qodari, sejumlah nama tersebut adalah prediksi warga sipil yang mengharapkan menteri KIB jilid II diisi oleh orang yang memiliki kapabilitas dan kompetensi di bidangnya masing-masing.

"Kalau SBY pilih menteri yang baik, saya kira Indonesia ke depan akan lebih baik. Tetapi, kalau salah pilih Indonesia bisa terpuruk," katanya di Jakarta, Sabtu (17/10/2009).

SBY hari ini di kediamannya di Puri Cikeas, Bogor, telah melakukan uji kepatutan dan kelayakan bagi sejumlah kandidat calon menteri. Hingga kini sudah ada 16 menteri yang telah mengikuti tes wawancara.

Mereka di antaranya, Djoko Suyanto, Agung Laksono, Hatta Rajasa, Gamawan Fauzi, Sudi Silalahi, Sri Mulyani, M Nuh, Jero Wacik, Suryadharma Ali, Tifatul Sembiring, Andi Mallarangeng, Sutanto, Marie Elka Pangestu, Syarif Hasan, Salim Assegaf Al Jufri, dan Muhaimin Iskandar.

Besok pagi sekira pukul 07.00 WIB, para calon menteri ini akan melakukan uji kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta Pusat. Tes kesehatan yang akan dijalani para calon anggota berupa tes fisik dan mental. Di antaranya tes darah, urin, paru, jantung, telinga, hidung dan tenggorokan dan tes IQ.(dnt)(hri)

Tidak ada komentar: