Jumat, 16 Oktober 2009

International


Tunda Kedatangan, Obama Kunjungi Indonesia 2010

Rabu, 7 Oktober 2009 - 13:37 wib
text TEXT SIZE :
Share
Foto: Ist

JAKARTA - Presiden Amerika Serikat Barack Obama memastikan akan mengunjungi Indonesia pada 2010 mendatang. Ini mundur dari jadwal sebelumnya yang dijadwalkan pada November besok.

Ini diungkapkan Obama dalam pertemuan dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat makan siang di sela-sela pertemuan G20, seperti diungkapkan Juru Bicara Kepresidenan, Dino Patti Djalal kepada wartawan di Istana Presiden, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Rabu (7/10/2009).

"Memang ada rencana kedatangan (Obama) sebelum pertemuan APEC di Singapura, tetapi setelah melihat sejumlah kemungkinan maka kedatangan dilakukan pada tahun depan," kata Dino.

Dino memastikan, penundaan tersebut bukan karena keamanan dan sejumlah bencana yang terjadi di Indonesia.

"Sama sekali tidak ada pertimbangan itu ya, karena memang situasi keamanan kita sudah jauh lebih membaik. Dan memang kedua (negara) jauh lebih pada pertimbangan opsi waktu yang lebih baik bagi kedua pihak baik, yakni Amerika Serikat dan Indonesia untuk menghasilkan suatu kunjungan yang produktif," tuturnya.

Dalam pertemuan tersebut, tambah Dino, kedua petinggi negara ini akan membicarakan masalah kerja sama dan kemitraan.

"Merupakan suatu puncak dari pembicaraan dan proses untuk menghasilkan kemitraan strategis antara Indonesia dan Amerika Serikat. Jadi memang salah satu hasil yang diharapkan dari hasil kunjungan tersebut." (Iman Rosidi/Trijaya/kem)

Tidak ada komentar: