Sabtu, 17 Oktober 2009

Politik
17/10/2009 - 23:04
Inilah Prediksi 16 Menteri 'Super' SBY
Vina Nurul Iklima & Makarius Paru
Presiden SBY
(inilah.com /Dokumen)

INILAH.COM, Jakarta - Audisi hari pertama 'Cikeas Idol' yang menjaring calon menteri Kabinet Indonesia Bersatu usai sudah. 16 Calon menteri dipanggil SBY untuk menjalani tes wawancara.

Dari daftar figur yang dipanggil ke kediaman pribadi SBY, Cikeas, Bogor, Sabtu (17/10), memang didominasi wajah-wajah lama. Mayoritas dari mereka sudah malang melintang di pentas politik nasional. Dan setelah menjalani tes wawancara serta menandatangani pakta integritas, belasan tokoh ini akan menjalani pemeriksaan kesehatan dan kejiwaan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, 18 Oktober besok.

Berikut adalah prediksi 16 nama tokoh yang dipanggil dan posisi menteri yang ditawarkan SBY:

1. Djoko Suyanto : Menko Polhukam
2. Hatta Rajasa : Menko Perekonomian
3. Agung Laksono : Menko Kesra
4. Sri Mulyani : Menteri Keuangan
5. Tifatul Sembiring : Menkominfo
6. M Nuh : Menteri Pendidikan Nasional
7. Muhaimin Iskandar : Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi
8. Suryadharma Ali : Menteri Sosial
9. Jero Wacik : Menteri Kebudayaan dan Pariwisata
10. Marie Elka Pangestu : Menteri Perdagangan
11. Syarif Hasan : Menkop dan UKM
12. Andi Mallarangeng : Menteri Pemuda dan Olahraga
13. Sudi Silalahi : Menteri Sekretaris Negara
14. Salim Segaf Al Jufri : Menteri Negara PDT
15. Sutanto : Kepala Badan Intelijen Negara (BIN)/Menteri Pertahanan
16. Gamawan Fauzi : Menteri Dalam Negeri/Menneg PAN

Bila mengacu pada jumlah kabinet yang pernah dilansir SBY, maka diprediksi Minggu besok diperkirakan minimal 18 orang akan dipanggil untuk mengikuti audisi hari kedua. Beberapa nama yang beredar antara lain Kuntoro Mangkusubroto, Marty Natalegawa, Daniel Saparingga, Andi Mattalatta, dan Siti Fadilah Supari. Dan beberapa pos penting kabinet yang belum diisi antara lain: Menteri Luar Negeri, Kepala Bappenas, Menteri ESDM dan Menneg BUMN.

Sejauh ini, tokoh yang dipanggil ke Cikeas mayoritas didominasi para politisi yang berasal dari koalisi SBY. Partai Demokrat sebanyak 3 orang, PKS 2 orang, PAN 1 orang, PPP 1 orang, PKB 1 orang dan Golkar 1 orang. Sementara tokoh yang terlibat dalam pemenangan SBY sebanyak 5 orang. Dan yang berlatar profesional sebanyak 2 orang.

Jika seleksi wawancara dan kesehatan ini lolos maka hampir bisa dipastikan para tokoh yang dipanggil itu akan menjadi menteri di era pemerintahan SBY-Boediono. Presiden sendiri direncanakan mengumumkan secara resmi susunan KIB II pada 21 Oktober mendatang atau satu hari setelah pelantikannya sebagai kepala negara. [ton]


Tidak ada komentar: