Jumat, 16 Oktober 2009

nternational


Obama Tolak Ketemu Dalai Lama

Selasa, 6 Oktober 2009 - 04:57 wib
text TEXT SIZE :
Share
Anton Suhartono - Okezone
Dalai Lama (AP)

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat Barack Obama membatalkan rencananya untuk menerima kunjungan tokoh spiritual Tibet Dalai Lama di Washington pekan ini. Langkah tersebut diambil Obama untuk menjaga hubungannya dengan Pemerintah China.

China berkali-kali mengecam dan mengancam para pemimpin dunia yang menerima kunjungan tokoh yang dituding sebagai penggiat separatis itu. Di mata Pemerintah China Dalai Lama merupakan orang yang berupaya memisahkan Tibet dari wilayah China.

Obama akan menjadi pemimpin pertama dunia yang tidak menerima kunjungan pemenang Hadiah Nobel Perdamaian itu di Gedung Putih sejak 1991.

Dalai Lama tiba di Washington pada Senin kemarin. Di AS, dia dijadwalkan melakukan pertemuan dengan para pemimpin Kongres, selebriti, dan kelompok pemerhati.

Berkaitan dengan pembatalan itu, Perdana Menteri Tibet di pengasingan Samdhong Rinpoche menuding AS dan negara Barat lainnya bersikap "tenang" terhada China guna kepentingan ekonomi.

"Saat ini kepentingan ekonomi lebih mulia daripada lainnya," ungkap Rinpoche seperti dikutip Telegraph.co.uk, Selasa (6/10/2009).

Keputusan Obama itu juga menuai protes dari kelompok hak asasi manusia dan pro-Tibet. Menueurt mereka, Obama telah membuat kesepakatan tidak penting kepada China. China mengusir Dalai Lama pada 1950 yang memaksanya kini tinggal di pengasingan di wilayah India.(ton)

Tidak ada komentar: