Jumat, 16 Oktober 2009

International


Obama Masih Dicintai Eropa

Kamis, 10 September 2009 - 10:56 wib
text TEXT SIZE :
Share
Nurfajri Budi Nugroho - Okezone
Obama saat berpidato di Kairo, beberapa bulan lalu (Foto: Reuters)

BERLIN - Lebih dari tiga perempat warga Eropa mendukung kebijakan luar negeri Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Negeri Paman Sam juga menikmati lompatan popularitas terbesar dalam sejarah jajak pendapat.

Studi "Tren Trans-Atlantik" tahunan menemukan bahwa 77 persen warga Uni Eropa mendukung pola penanganan urusan internasional oleh Obama, dibandingkan dengan hanya 19 persen yang berpikir Obama tak berbeda dengan Presiden George W Bush.

Secara keseluruhan, 75 persen penduduk Eropa meyakini kemampuan Obama memerangi terorisme, dan dua pertiga saat ini memiliki pandangan yang baik tentang Negeri Uwak Sam itu. Demikian seperti dikutip dari Telegraph, Kamis (10/9/2009).

Pandangan terhadap popularitas pemimpin Amerika telah berubah dalam 12 bulan terakhir. Di Jerman, Obama memperoleh peringkat 92 persen, dibandingkan dengan hanya 12 persen untuk Bush. Di Inggris, 82 persen mendukung Obama, sementara hanya 17 persen untuk Bush.

"Kami melihat perubahan luar biasa dalam opini trans-Atlantik dari pemerintahan sebelumnya," kata Craig Kennedy, Direktur German Marshall Fund yang menggelar studi tersebut.

Survei juga dilakukan di Turki, di mana sentimen anti-Amerika telah tumbuh mencolok dalam beberapa tahun terakhir. Obama paling tidak populer di Turki dibandingkan negara-negara Eropa lainnya, namun masih tetap memperoleh angka 50 persen dibandingkan hanya delapan persen untuk Bush.(jri)

Tidak ada komentar: