Jumat, 23 Oktober 2009

"Kok Bisa, Teman Ibu Tak Ada Orang Terkenal" Nama Endang Rahayu Sedyaningsih masuk daftar calon kabinet di menit-menit terakhir.

Kabinet Indonesia Bersatu II
"Kok Bisa, Teman Ibu Tak Ada Orang Terkenal"
Nama Endang Rahayu Sedyaningsih masuk daftar calon kabinet di menit-menit terakhir.
Kamis, 22 Oktober 2009, 11:47 WIB
Umi Kalsum, Sandy Adam Mahaputra
Endang Rahayu Sedyaningsih disalami SBY usai diaudisi jadi Menteri Kesehatan (Rumgapres/ Anung)

VIVAnews - Suami dan tiga anak Endang Rahayu Sedyaningsih tidak menyangka istri dan ibunya ditunjuk menjadi Menteri Kesehatan. Selama ini sang anak, Awandha Raspati Mamahit (25), tidak melihat ibunya berteman dengan orang-orang terkenal.

"Kami sekeluarga kaget karena ibu bisa seperti itu, jadi menteri. Kok bisa, teman ibu nggak ada orang terkenal," kata Awandha di rumahnya, Kamis 22 Oktober 2009. Awandha merupakan anak kedua Endang dan MJN Mamahit, dokter di RS Tangerang.

Kaget juga dirasakan suami Endang, Mamahit. Ia mengungkapkan saat pengumuman susunan Kabinet Indonesia Bersatu II disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, bersama Endang dan ketiga anaknya berkumpul di kamar sambil menonton televisi. Rasa terkejut makin menguat saat nama istrinya disebut.

"Saat nama istri saya disebut, saya tidak menyangka," katanya. Namun Mamahit yakin istrinya akan bisa menjalankan tugas. Ia menilai istrinya sangat mandiri karena selama tujuh tahun tinggal di Amerika sendirian.

Ucapan selamat atas terpilihnya Endang berdatangan. Para tetangga satu per satu mengucapkan selamat. "Bu Endang orangnya supel, suka bantu warga yang sakit," kata salah satu tetangga Endang, Ny Titin Bambang. Namun ucapan selamat via karangan bunga tidak sebanyak menteri lain. Di rumah Endang hanya terlihat satu karangan bunga dari PT Medquest Jaya Global.

Endang memang terlihat sederhana. Jika dibandingkan menkes sebelumnya, penampilan Endang tidak terlalu menonjol. Gayanya seperti peneliti pada umumnya. Gaya rambutnya yang 'bondol' membedakannya dengan Menkes Siti Fadilah Supari yang rambutnya selalu rapi tersasak. Saat menemui wartawan, ia hanya mengenakan baju batik.

Dalam menjawab pertanyaan ia juga lebih lugas, langsung ke topiknya. Ia lancar menjawab pertanyaan wartawan termasuk isu ia telah menjual virus H5N1 ke luar negeri.

Tidak ada komentar: