Rabu, 22 Juli 2009

Bom JW Marriott & Ritz-CarltonUkur Dampak Kerusakan Bom, Polri Lakukan Pemindaian 3 Dimensi

Rabu, 22/07/2009 15:53 WIB
Bom JW Marriott & Ritz-Carlton
Ukur Dampak Kerusakan Bom, Polri Lakukan Pemindaian 3 Dimensi
Aprizal Rahmatullah - detikNews

Video Terkait
CCTV Rekam Pelaku Bom Marriott
Foto Terkait
Sketsa Tersangka Peledakan Bom Jakarta - Jajaran kepolisian terus melakukan olah TKP menyusul ledakan bom bunuh diri di Hotel JW Marriott dan Ritz-Carlton. Polri melakukan pemindaian 3 dimensi untuk mendapatkan ukuran pasti dampak kerusakan bom pada Jumat 17 Juli 2009.

"Scan ini fungsinya memotret secara 3 dimensi agar bisa diukur dampak kerusakannya," kata salah seorang petugas identifikasi, Utomo, di depan Hotel Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (22/7/2009).

Pengamatan detikcom, sekitar 6 petugas dari Pusat Identifikasi Mabes Polri masih melakukan pemindaian di depan lokasi ledakan di Hotel Ritz Charlton.

Sebuah alat laser scaner (pindai) berbentuk kotak kecil dipasang menggunakan tripod ukuran besar. Tepat di tengah alat tersebut terdapat sebuah lensa berbentuk lingkaran yang bisa berputar-putar. Fungsinya untuk memotret seluruh objek bangunan secara 3 dimensi.

Foto hasil pindaian tersebut secara otomatis masuk ke data laptop. "Radiasinya cukup tinggi makanya kita harus agak menjauh," ujar dia.

Utomo menjelaskan, hasil scanner ini akan dibawa untuk diproses selanjutnya. Sebelumnya, foto-foto tersebut akan disamakan dengan bahan-bahan penyelidikan dari tim gegana.

"Seluruh view kita foto baik Marriot maupun di sini (Ritz Charlton. Diperlukan sehari untuk mendapatkan hasil (jarak kerusakannya)," tandasnya.

(ape/aan)

Tidak ada komentar: