Rabu, 22 Juli 2009

Rabu, 22/07/2009 19:27 WIB
Pertemuan ke-42 Menlu ASEAN
Terkait Terorisme, ASEAN Nyatakan Solidaritas
Eddi Santosa - detikNews

Phuket - Dalam isu pemberantasan terorisme khususnya peledakan bom di Jakarta pada 17/7/2009 lalu, para Menlu ASEAN menyatakan solidaritasnya dan mengutuk keras aksi itu.

Demikian seperti disampaikan Direktur Jenderal Kerjasama ASEAN Djauhari Oratmangun, saat dikontak detikcom melalui layanan pesan pendek hari ini, Rabu (22/7/2009).

Djauhari mendampingi Menlu RI Hassan Wirajuda dalam Pertemuan ke-42 Menteri-Menteri Luar Negeri ASEAN (ASEAN Ministerial Meeting) yang berlangsung selama lima hari di Phuket, Thailand (19-23/7/2009).

Menurut Djauhari, para Menlu ASEAN yakin bahwa Indonesia mampu mengatasi aksi terorisme tersebut. Atas kesepakatan bersama, Menlu Thailand selaku Ketua ASEAN, juga telah mengeluarkan pernyataan khusus tentang hal ini pada 18/7/2009.

"Terkait hal itu pula para Menlu ASEAN menegaskan kembali dukungan terhadap berbagai upaya dialog antaragama dan keyakinan sebagai salah satu upaya memberantas terorisme," demikian Djauhari.

Di sela-sela pertemuan, Menlu RI berkesempatan melakukan pembicaraan bilateral dengan Perwakilan Tinggi untuk Kebijakan Umum dan Keamanan Uni Eropa Javier Solana, Menlu AS Hillary Rodham Clinton serta Menlu Sri Lanka, Jepang, India, Australia, Republik Korea, dan Selandia Baru.

(es/es)

Tidak ada komentar: