Minggu, 31 Mei 2009

KBRI Kuala Lumpur Bantah Tidak Lindungi Manohara

Senin, 01/06/2009 10:55 WIB
Laporan dari Malaysia
KBRI Kuala Lumpur Bantah Tidak Lindungi Manohara
Ramdhan Muhaimin - detikNews
Manohara Pulang ke Jakarta Jakarta - Manohara Odelia Pinot menuding perwakilan RI di Kuala Lumpur tidak serius menangani kasus kekerasan yang dialaminya. KBRI Kuala Lumpur membantah tuduhan tersebut. Wakil Dubes RI untuk Malaysia Tatang B Razak mengaku pihaknya telah melakukan langkah-langkah maksimal dalam melindungi Manohara. "Seperti yang sudah pernah saya sampaikan, kami sudah mengambil langkah-langkah perlindungan sesuai prosedural," ujar Tatang kepada detikcom, Minggu (31/5/2009).
Langkah-langkah prosedural yang dimaksud, Tatang menjelaskan, dengan mengirim surat resmi ke Menlu Malaysia dan melakukan komunikasi langsung dengan Kesultanan Kelantan. Namun sikap diam Kesultanan Kelantan menjadi kendala. Bahkan lanjut dia, KBRI pernah akan mengirim utusan ke Kesultanan Kelantan. Namun hal tersebut tertunda karena kondisi kesehatan Sultan Kelantan yang sakit.
Tatang juga mengungkapkan, status Manohara sebagai istri Pangeran Kesultanan Kelantan Tengku Muhammad Fakhry menyebabkan KBRI tidak dapat melakukan langkah lebih jauh selain jalur prosedural. "Tapi kan sejak awal ini statusnya permasalahan suami-istri. Sehingga kalau memang KBRI melakukan langkah-langkah, ya langkah-langkah yang bentuknya apa. Kita juga harus proporsional," tutur Tatang.
Tatang juga mengatakan, KBRI siap melakukan langkah-langkah diplomatik lebih lanjut jika kekerasan yang dialami oleh Manohara terbukti. "Kita akan proporsional. Jika terbukti ada pelanggaran hukum, ya kita akan lakukan tindak lanjut," cetusnya. Manohara tiba di Jakarta pukul 07.30 WIB, Minggu (31/5/2009) kemarin, setelah berhasil kabur dari kekangan pengawal kesultanan Kelantan di Singapura dengan dibantu kepolisian Singapura, KBRI dan FBI. Dalam jumpa pers yang digelar setelah tiba di Jakarta, Mano mengungkapkan kekerasan yang dialaminya selama menjadi istri Pangeran Kesultanan Kelantan. Ngobrolin model cantik Manohara Odelia Pinot? Gabung di sini. (rmd/nrl)

Tidak ada komentar: