Jumat, 10 Juli 2009

Giliran PAN Total Golkar ke SBY

10/07/09 16:21
Giliran PAN Tolak Golkar ke SBY
Raden Trimutia Hatta
Patrialis Akbar
INILAH.COM, Jakarta - Kian banyak parpol pendukung SBY-Boediono yang menyatakan menolak rencana kehadiran Partai Golkar untuk merapat ke kubu presiden terpilih. Menyusul sikap PKS, PKB, dan PPP, kini giliran PAN menyatakan ketidakrelaannya bila Golkar kelak bergabung ke SBY.
"Kita juga punya kewenagan untuk menyatakan resistensi terhadap Golkar. Menurut kita, Golkar sebaiknya berada di luar pemerintah saja," ujar Ketua DPP PAN Patrialis Akbar kepada INILAH.COM, Jakarta, Jumat (10/7).
Menurutnya, dengan Golkar berada di luar pemerintahan maka akan dapat memperkuat check and balances atas segala kebijakan pemerintah di parlemen. Golkar juga akan menjadi penyeimbang kekuatan oposisi di parlemen nantinya bila harus berhadapan dengan pemerintah.
"Tapi tetap saja, SBY sebagai presiden akan lebih tahu apa yang akan dilakukannya. Kita tidak mau terlebih jauh ikut dalam menentukan kebijakan soal itu," imbuhnya.
Sebelumnya, Ketua DPP Golkar Fahmi Idris telah memberi sinyal bahwa Golkar akan merapat ke dalam pemerintahan SBY-Boediono. Ucapan Fahmi diperkuat dengan pernyataan Waketum PD Achmad Mubarok yang mengatakan, SBY akan tetap menarik tokoh Golkar untuk duduk di kabinetnya. Karena, kemenangan SBY dalam Pilpres 2009 ini ternyata juga atas kontribusi kader Golkar. [mut]

Tidak ada komentar: