Sabtu, 11 Juli 2009

In Memoriam Michael Jackson

Michael Jackson in Memoriam atau Michael Jackson dalam kenangan. Kurang lebih seperti itulah ungkapan yang pantas untuk berduka atas meninggalnya bintang pop dunia Michael Jackson. Michael Jackson meninggal dunia di rumah sakit UCLA di Los Angeles pada hari Kamis, 25 Juni 2009, pukul 14:26 waktu setempat. Penyebab kematian michael jackson adalah ia tidak sadarkan diri setelah terkena serangan jantung.
Sebelumnya, penyanyi yang dijuluki Jacko ini sempat tak sadarkan diri di mansionnya di kawasan Holmby Hills, Los Angeles. Sesegera itu ia dilarikan ke rumah sakit. Petugas medis berupaya keras memberikan pertolongan dan berusaha agar ia tetap hidup. Mereka melakukan berbagai bantuan pernafasan (CPR), namun sayangnya Michael Jackson tidak beraksi sama sekali. Jacko meninggal di usia ke-50 dengan ditemani para anggota keluarga termasuk ibu dan saudara laki-lakinya yang terus berada di samping tempat tidurnya. Michael “Jacko” Jackson meninggalkan tiga orang anak, Prince Michael (12), Paris (10), dan Prince Michael II (10). Sebulan sebelum kematiannya pada Kamis, 25 Juni waktu setempat, Michael Jackson dikabarkan menelan obat-obatan secara berlebihan setiap hari, termasuk obat antidepresi dan penahan rasa sakit
Berita kematian Michael Jackson tersebar cepat di internet. Banyak website yang kewalahan menangani pengguna internet yang ingin mencari informasi tentang kematian Jacko. Raksasa sekelas Google sempat mengalami gangguan karena begitu banyaknya kata kunci/keyword “Michael Jackson” yang dicari. Dan dampaknya, pengunjung situs Google News harus gigit jari untuk mendapat konfirmasi karena hanya disuguhi tulisan “we’re sorry your querry looks similar to automated requests from a computer virus or spyware application”. Halaman Google trend menunjukkan bahwa pencarian dengan kata kunci/keyword Michael Jackson mencapai volume yang sering disebut hotness dan diberi rating volcanic . AOL Instant Messenger juga sempat mengalami gangguan selama 40 menit karena banyaknya pengguna yang menginformasikan kematian Jacko lewat AOL Instant Messenger. Juga layanan microblogging Twitter juga sempat mengalami hal serupa. Servernya sempat down akibat derasnya update dari pengguna soal Michael Jackson. Update dan pencarian dengan keyword Michael Jackson meningkat dan ada di peringkat teratas. TweetVolume mencatat total ada 66.500 update soal Michael Jackson sebelum server sempat down . Berikut biografinya :
Michael Joseph Jackson lahir di Gary, Indiana, Amerika, 29 Agustus 1958 - wafat di California, Los Angeles, USA, 25 Juni 2009. Ia adalah seorang penyanyi dan penulis lagu. Ia terkenal sebagai “Raja Pop”, dan mempopulerkan gerakan dansa “moonwalk” yang telah menjadi ciri khasnya. Albumnya yang dirilis pada tahun 1982, adalah album terlaris di dunia dan terjual hingga 104 juta copy, dan sejumlah penghargaan telah diterimanya. Ia mulai karir bernyanyi pada usia lima tahun sebagai anggota kelompok vokal keluarga Jackson (kelak menjadi Jackson 5) sebelum meluncurkan album solo pertamanya Got to be there ada tahun 1971. Dia adalah anak ketujuh dari keluarga Jackson, dia membuat debut di musik profesional pada umur 11 tahun sebagai anggota dari Jackson 5.
Pada awal tahun 1980-an, dia menjadi figur yang sangat dominan dalam musik pop and musisi Afrika-Amerika pertama yang mempunyai crossover kuat di MTV. Popularitas dalam musiknya menanjak saat ditayangkan di MTV, antara lain “Beat It”, “Billie Jean” dan Thriller dianggap telah mengubah video klip menjadi sebuah bentuk karya seni dan sebagai alat promosi untuk mempopulerkan sebuah channel tv. Video-video seperti “Black or White” dan “Scream” membuat Jackson menjadi andalan utama MTV pada tahun 1990-an. Lewat penampilan panggung dan video-video klipnya, Jackson mempopulerkan sejumlah teknik menari seperti robot dan moonwalk. Suara dan gaya vocal Jackson mempengaruhi dan diikuti oleh banyak penyanyi hip hop, pop dan R&B.
Saudara penyanyi Janet Jackson ini juga menerima penghargaan dari Guiness Book Record, album terlaris, Thriller. Penghargaan lainnya 13 Grammy Awards, 13 buah single nomor 1 dalam solo karirnya dari musisi pria lainnya dalam Hot 100 era—dan penjualan 750 juta unit di seluruh dunia. Hidup Jackson sangat terkenal di seluruh dunia, didampingi dengan karirnya yang sangat sukses, membuatnya menjadi bagian dari kebudayaan pop selama 4 dekade. dalam beberapa tahun dia sering disebut - sebut sebagai salah satu pria paling terkenal di dunia. Dia (Jacko ) juga bermaksud kembali menggelar konsernya. Rencana comeback ini akan dimulai dengan konser 30 hari di arena O2 London, Inggris. Rencana Jacko untuk menggelar konsernya terpaksa harus kandas, karena dia sudah meninggal dunia. Selamat tinggal Michael Jackson, Good Bye, King of Pop.
KEMUSLIMANNYA
Benarkah bahwa Michael Jackson seorang Muslim?. Apakah berita ini benar adanya? Memang sempat beberapa tahun lalu, dikabarkan Michael Jackson berpindah ke agama Islam, yang sebelumnya beragama Saksi Jehovah. Namun setelah berita kematiannya dan rencana pemakamannya yang luar biasa itu, kini agama terakhir yang dianut Michael Jackson kembali dipertanyakan. Hal ini juga dipertanyakan melihat caranya nanti bagaimana Michael Jackson dimakamkan.
Dan rencana pemakaman Michael Jackson akan menjadi perhatian khusus, terutama bagi penggemarnya yang beragama Islam (jika memang benar adanya Michael Jackson seorang Muslim). Kebenaran kepindahan keyakinan sang megabintang Michael Jackson dari agama Saksi Jehovah menjadi Muslim pernah diberitakan media besar Inggris, The Sun dan telegraph dan juga Amerika, new York Post. “Michael Jackson convert to Islam and Chganges Name to Mikaeel” - Michael Jackson pindah menjadi muslim dan mengganti namanya menjadi Mikail. Hal itu dengan bukti, Michael Jackson yang dibesarkan dalam agama Saksi Jehovah, disebut-sebut duduk di lantai dan mengenakan topi kecil saat mengucapkan sahadat di kediaman Steve Porcaro, komposer musik pada album Thriller.
Jacko tertarik dengan Islam setelah berdiskusi dengan penulis lagu asal Kanada, David Wharnsby dan produser Phillip Bubal. Dan Michael Jackson juga banyak berdiskusi dengan sesama artis penyanyi, Cat Steven, penyanyi pop yang kini populer dengan panggilan Yusuf Islam. Di Keluarga Jackson 5, Michael bukan yang pertama masuk Islam. Sebelumnya saudara Jackson, Jermaine Friday, telah menjadi muslim sejak 1989. Ketika mengumumkan kematian adiknya, Jermaine Jackson—yang memang seorang Muslim—mengakhirinya dengan ucapan, “Semoga Allah senantiasa selalu bersamamu, Michael.” Tapi itu saja sama sekali belum cukup untuk menunjukkan bahwa Jacko adalah Muslim. Sebelum memilih nama Mikail, Michael Jackson sempat ditawari nama Mustafa, tapi dia menolaknya. Dia memilih Mikail karena itu artinya salah satu Malaikat Allah.
Jadi selama tidak ada pernyataan dari michael jackson sendiri atau dokumentasi yang bisa dijadikan sebagai bukti bahwa ia seorang Muslim, hal terakhir yang bisa dilihat adalah pemakamannya nanti yang akan diselenggarakan 7 Juli 2009, yang rencananya akan dilakukan di Neverland, sebuah kebun binatang dan dunia fantasi milik Jacko pribadi yang berlokasi di Los Angeles.
“Apapun keyakinan yang kamu anut, kami akan selalu mengenangmu sebagai legenda dunia musik dan entertainment dan sebagai sosok pribadi yang unik” - dikutip dari seorang penggemar
UPACARA PEMAKAMANNYA
Dini hari tadi, upacara pemakaman superstar Michael Jackson telah digelar. Upacara tersebut terletak di Staples Center, Los Angeles, USA. Hampir kurang lebih selama 4 jam, mulai dari jam 23.00-04.00 (saya lihatnya cuma sampai jam segitu ) upacara pemakaman michael jackson dilaksanakan. Ribuan orang hadir dan para artis-artis top dunia juga hadir untuk mengikuti sesi upacara pemakaman dan mengiringi pemakamannya. Sejumlah nama terkenal dalam musik pop, dari penyanyi Mariah Carey, Stevie Wonder, Usher, Lionel Richie sampai pendiri studio rekaman Motown, Berry Gordy, ikut ambil bagian dalam upacara penghormatan terakhir Michael Jackson.
Dimulai oleh Maria Carey menyanyi untuk Jacko, diteruskan oleh Lionel Richie, Stevie Wonder dan Usher. Kemudian beberapa teman dekat Michael Jackson juga ambil bagian, mereka menyampaikan sedikit pidato perpisahan bagi sang superstar, Michael Jackson. Mereka adalah Queen Latifah, Brooke Shield (mantan kekasih Michael Jackson).
Selain itu mantan isteri Michael Jackson, Debbie Rowe tidak hadir dalam upacara pemakaman. Pengacara mantan istri Michael, Debbie Rowe, menyatakan Debbie telah memutuskan untuk tidak menghadiri upacara itu karena kehadirannya akan menciptakan kekacauan yang tidak perlu. Dan sahabat Michael Jackson yang lain, Diana Rose juga tidak hadir dalam upacara tersebut. Dia (Diana) hanya mengirimkan surat pribadi pada Michael Jackson, yang dini hari tadi dibacakan oleh salah satu keluarga Jacko kepada hadirin.
Acara ditutup dengan lagunya yang sangat hits, yaitu “Heal The World” yang dinyanyikan beberapa keluarga dan sahabatnya. Setelah itu keluarga Jacko, beserta putrinya maju ke depan untuk memberi ucapan terakhir didepan peti jenazah Michael Jackson yang sudah dimasukkan dalam peti jenazah berlapis emas 14karat. Satu hal yang mengharukan adalah puterinya, Paris Katherine Jackson menangis atas kepergian ayahnya.
Setelah melihat upacara pemakaman Michael Jackson, ternyata benar adanya ucapan Michael Jackson beberapa tahun silam, dia berkata, ” Kematianku akan menjadi sebuah pertunjukan yang besar di seluruh dunia”.
Hari ini tepat tanggal 7 Juli 2009, bintang mega musik pop dunia, Michael Jackson akan segera dimakamkan. Dan acara pemakaman itu akan disiarkan langsung di televisi nanti pukul 23.30 WIB. Sebelum dimakamkan, juru bicara pemerintah kota Los Angeles Ed Wrinter seperti dikutip AFP, Sabtu (27/6), mengatakan, jenazah Jacko diambil sekitar pukul 9 malam waktu setempat. Jenazah sengaja dipindahkan melalui jalan khusus untuk menghindari wartawan.
Banyaknya penggemar serta fans fanatik Michael Jackson yang tertarik untuk menyaksikan pemakaman sang Raja Pop Dunia tersebut. Sehingga membuat keluarga besar Jacko berinisiatif untuk membuka kesempatan itu melalui sebuah cara unik. Melalui situs resmi, Staples Centre yang menyediakan tiket untuk menghadiri upacara pemakaman penyanyi Michael Jackson. Hal inilah yang menyebabkan pemakaman bintang pop ini begitu luar biasa, karena baru pertama kalinya pemakaman seseorang disediakan tiket masuk. Dan kabarnya juga, yang menghadiri pemakaman Michael Jackson diperkirakan membludak, bahkan melebihi pemakaman Lady Diana (250.000 orang).
Kabarnya, urutan tempat duduk pun sudah dipersiapkan. Pada barisan pertama tempat duduk, selain keluarga dan tiga anaknya, akan ada mantan istri Michael Jackson, Lisa Marie Presley, tengkorak Elephant Man (benda favorit Jacko), dan aktor Home Alone, Macaulay Culkin, yang pernah tampil dalam video klipnya (Black or White).
Gedung olahraga tersebut (Staples Centre) akan jadi tempat disemayamkan Michael Jackson sebelum menuju peristirahatan terakhirnya. Nantinya komputer akan memilih secara acak 8.750 nama yang sudah mendaftar secara online mulai Jumat (3/7/2009). Setiap orang dari 8.750 nama itu akan mendapatkan masing-masing dua tiket.
Mereka yang memenangkan pengundian tiket tersebut akan diberi kabar oleh AEG melalui email mulai Minggu (5/7/2009). Si pemenang akan diminta menghubungi Ticketmaster untuk mendapatkan informasi bagaimana mengklaim tiket yang diperoleh. Selain 17.500 tiket, panitia juga menyediakan 11 ribu tempat duduk untuk penggemar Michael yang datang ke Staples Center. Sedangkan 6 ribu tempat duduk lainnya disediakan di Nokia Theater yang berada di seberang Staples Center.
Banyak yang berspekulasi pemakaman The King of Pop itu pasti akan menjadi sebuah upacara besar. Mengingat karya-karyanya yang luar biasa dan pengaruhnya yang sangat besar bagi banyak musisi dunia dan karakter manusia. Menurut informasi sementara, upacara pemakaman Jacko akan di gelar di sebuah rumah duka di Los Angeles. Banyak yang berharap perpisahan terakhir dengan enternainer music kaliber dunia ini akan mengesankan, istimewa dan dikenang. Selamat tinggal King of Pop, Michael Joseph Jackson, sosok dan karyamu akan selalu dikenang, “You’re Not Alone“
Raja Pop Michael Jackson Meninggal Dunia
Jum'at, 26 Juni 2009 09:39 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta - Raja pop dunia Michael Jackson meninggal dunia hari Kamis (25/6) tengah malam, setelah dilarikan ke University California Los Angeles Medical Center. Dia terjatuh akibat serangan jantung di dalam rumahnya di Holmby Hills, Los Angeles, pada siang harinya, dan dipastikan meninggal pada malam harinya. "Dia meninggal di rumah sakit akibat serangan jantung," ujar saudaranya Randy Jackson.
Letnan Fred Corral dari kepolisian Los Angeles mengatakan sebuah otopsi untuk memastikan penyebab kematiannya akan dilakukan pada Jumat (26/6) hari ini, yang hasilnya akan segera diumumkan pada Jumat siang.
Jackson dalam kondisi kritis sejak Kamis siang, Ia kemudian dilarikan ke UCLA Medical Canter oleh dinas pemadam kebakaran Los Angeles, setelah mendapatkan panggilan darurat 911 pada pukul 12.21 waktu Los Angeles. Jackson segera masuk ke fasilitas unit gawat darurat begitu sampai di rumah sakit tersebut, namun jiwanya tak tertolong dalam beberapa jam kemudian. Ia meninggal pada usia 50 tahun.
Seluruh fasilitas umum di UCLA Medical Center, untuk sementara ditutup dan mendapatkan penjagaan ketat, begitu artis yang mendapatkan julukan sebagai 'the king of pop' ini masuk ke rumah sakit tersebut. Beberapa personel keamanan tampak disiagakan, untuk mengantisipasi serbuan kalangan media yang ingin meliput peristiwa ini. Sejumlah penggemarnya, terutama warga Amerika Serikat yang berkulit hitam, sudah tampak berada di UCLA Medical Center, dengan membawa karangan bunga dan tak kuasa menahan haru, menangis dan larut dalam kesedihan yang mendalam.
Menurut penulis buku biografi Michael Jackson, Ian Halperin, sebelumnya Jackson belum pernah dikabarkan menderita penyakit jantung. Pada bulan Desember tahun lalu, Michael Jackson memang sempat masuk rumah sakit, akibat menderita kelainan genetis tubuhnya tidak bisa memproduksi protein Alpha-1 antitrypsin, yang kemudian mempengaruhi kondisi paru-parunya, sehingga Jackson mengalami emphysema (sesak nafas). Ia sebernarnya direncanakan akan menjalani operasi cangkok paru-paru, namun karena kondisi fisiknya yang lemah, operasi itu masih tertunda sampai menjelang kematiannya. Ia dikabarkan juga menderita sejumlah penyakit pada saluran pencernaannya. Untuk itulah, proses otopsi masih diperlukan untuk memastikan penyebab kematian Jackson.
Michael Jakson tak hanya dikenal sebagai bintang penyanyi pop, tetapi juga dikenal sebagai 'icon' kebudayaan pop, yang melawan perspektif rasisme sebagian publik Amerika, dengan keputusannya menjalani operasi penggantian warna kulitnya yang aslinya berkulit hitam menjadi kulit putih, untuk menyatakan bahwa warna kulit sesungguhnya bukanlah sebuah penentu dominasi dalam kebudayaan, karena warna kulit bisa diubah. Sekaligus pernyataannya agar semua orang bisa menerima perbedaan warna kulit.
Sejumlah album legendaris Michael Jackson diantaranya adalah Off the Wall, Thriller dan Bad. "Ia akan dikenang dalam sejarah, bahwa yang menentukan keberhasilannya adalah benar-benar musik dan penampilannya yang luar biasa," ujar aktivis hak-hak sipil Amerika Serikat, Al Sharpton.

Tidak ada komentar: